Senin, 16 November 2015

DOWNLOAD: De Atjeh-Oorlog/Perang Aceh

Sampul depan "Perang Aceh"


Sepanjang masa kekuasan Belanda di Tanah Hindia (Indonesia), Belanda tidak pernah melakukan perang yang besar selain Perang Aceh. Jika Perang Diponegoro/Perang Jawa/Javaoorlog disebut sebagai perang paling besar yang merugikan Belanda, maka itu tidaklah benar. Perang Aceh ibarat gangguan yang terus menggerogoti Belanda selama puluhan tahun masa kekuasaannya di Bumi Nusantara.

Perang Aceh sendiri menjadi salah satu bukti yang mematahkan mitos berkuasanya Belanda selama 350 tahun di Nusantara. Dalam perang ini, Belanda benar-benar dibuat “pusing”. Begitu banyak dana dan tenaga yang dikorbankan hanya untuk menduduki Aceh. Namun, faktanya hingga menjelang invasi Jepang pada tahun 1942, Belanda tidak benar-benar mampu menguasai Aceh secara total seperti di wilayah lainnya di Nusantara.

Paul van ‘t Veer, seorang wartawan Belanda yang bersimpati pada Indonesia, menggali sisi lain yang tidak banyak orang tahu mengenai perang besar ini. Melalui buku De Atjeh-Oorlog ini (yang kemudian diterjemahkan), Paul van ‘t Veer menyajikan sisi lain tersebut. Dapat dikatakan, bahwa kehadiran buku ini menjadi sumbangan yang besar bagi kita dalam memahami sejarah Indonesia.

Download disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan sesuai etika dan EYD