Jumat, 10 Juli 2015

Sectie Van Batavia Resmi Berganti Lambang

Lambang baru Sectie Van Batavia. Resmi menggantikan lambang yang lama


Sectie Van Batavia akhirnya resmi menggunakan lambang baru sebagai pengganti lambang yang sebelumnya. Perubahan terjadi pada bentuk lambang dan tulisan di dalamnya. Jika pada lambang sebelumnya menggunakan lambang khas kota Batavia di tengah perisai berwarna merah, lengkap dengan sepasang senapan Lee Enfield yang berada di sisi perisai dan tulisan yang terdapat pada bentangan kain di bagian bawah perisai, lambang baru Sectie Van Batavia ini terkesan lebih sederhana. Meskipun demikian, tetap memiliki makna di dalamnya.

Lambang baru ini juga berbentuk perisai namun lebih panjang dan runcing di bagian bawahnya, dengan garis pembatas berwarna hitam. Warna merah dipilih karena identik dengan keberanian. Maknanya adalah agar para pendiri Sectie Van Batavia tetap berani mensosialisasikan cinta sejarah. Di bagian atas, ada tulisan "Dispereert Niet" yang artinya "Jangan Putus Asa". Kata berbahasa Belanda ini adalah potongan dari sebuah kalimat yang menjadi motto hidup Jan Pieterszoon Coen, salah satu gubernur jenderal yang diangkat Belanda dan berpusat di Batavia. Makna dari penambahan kalimat tersebut pada lambang baru adalah agar pegiat dan pecinta sejarah yang tergabung dalam Sectie Van Batavia tidak berputus asa dalam melakukan upaya untuk memperkenalkan cinta sejarah pada masyarakat Indonesia.

Di bagian tengah, ada lambang arah mata angin sebagai unsur baru. Makna dari lambang arah mata angin adalah Sectie Van Batavia ingin menjangkau dan merangkul perkumpulan-perkumpulan pegiat sejarah di berbagai daerah agar bersama-sama mensosialisasikan cinta sejarah kepada masyarakat Indonesia. Di bagian bawahnya, terdapat tulisan "Sectie Van Batavia". Di bagian bawah perisai, terdapat angka "2015". Angka ini adalah tahun berdirinya Sectie Van Batavia, sebagai sebuah perkumpulan pegiat dan pecinta sejarah yang usianya masih seumur jagung namun memiliki keinginan untuk memperkenalkan cinta sejarah untuk masyarakat Indonesia.

Demikianlah pemberitahuan adanya pergantian lambang pada Sectie Van Batavia. Dengan munculnya lambang baru ini, Sectie Van Batavia berharap agar silaturahmi dengan rekan-rekan perkumpulan lainnya di waktu yang akan datang dapat terjalin erat, sehingga dapat bekerja sama dalam memperkenalkan dan membudayakan cinta sejarah pada masyarakat Indonesia.

Cintailah sejarah negerimu, baik dan buruknya jadikanlah pembelajaran untukmu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan sesuai etika dan EYD